Penyebab Kanker Mata yang Harus Diwaspadai

Sumber : alodokter.com

Dilansir dari laman Alodokter.com, bahwa kanker mata adalah dampak dari tumbuhnya sel-sel yang abnormal di dalam mata. Kanker mata dapat menyerang siapa pun dan usia berapa pun, bahkan anak-anak. Semua jenis penyakit kanker berbahaya, tidak terkecuali dengan kanker mata. Maka dari itu, ketahui penyebab kanker mata agar Anda dapat menghindarinya. Kanker mata berdasarkan tempat awal pertumbuhannya dibedakan menjadi dua jenis, yaitu kanker mata primer dan kanker mata sekunder. Kanker mata primer yaitu kanker mata yang tumbuh di bagian mata. Sedangkan kanker mata primer, yaitu kanker mata yang disebabkan dari penyebaran kanker dari organ lain.

Kanker mata dibedakan kembali menjadi empat jenis, yaitu melanoma, limfoma intraocular, dan retinoblastoma. Perlu diketahui, penyebab kanker mata berbeda-beda setiap jenis penyakitnya. Berikut berbagai penyebab kanker mata berdasarkan jenisnya.

  1. Limfoma intraokular primer

Jenis kanker mata ini merupakan jenis kanker mata yang sel darah putih termasuk limfosit di seluruh tubuh. Penyebab limfoma intraokular belum diketahui dengan pasti, tetapi kanker mata jenis ini sering menyerang tubuh yang memiliki gangguan sistem kekebalan tubuh, seperti akibat rheumatoid, HIV/AIDS, atau mengonsumsi obat-obatan untuk menekan sistem imun.

  1. Melanoma intraokular

Jenis kanker mata ini merupakan jenis kanker mata yang biasa terjadi pada orang biasa. Kanker jenis ini sering disebut juga melanoma uveal jika terjadi pada jaringan bola mata. Penyebab kanker mata jenis ini pun belum diketahui secara pasti, tetapi ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker mata ini, seperti adanya tahi lalat di bagian mata atau di kulit, memiliki riwayat keluarga yang menderita melanoma intraokular, mata berwarna terang, dan sering terpapar sinar matahari dalam waktu yang lama.

  1. Retinoblastoma 

Retinoblastoma merupakan jenis kanker yang umumnya terjadi pada anak-anak. Sesuai dengan namanya, jenis kanker mata ini menyerang bagian retina. Penyebab dari kanker mata ini diakibatkan perubahan atau mutasi gen pada retina. Pada kondisi normal, sel akan membelah diri dengan teratur untuk regenerasi sel yang telah rusak. Selain itu, terdapat pula gen-gen yang mengatur kapan sel untuk mulai dan berhenti membelah diri. Fungsi dari gen ini untuk mencegah agar sel tidak membelah diri secara liar atau tidak terkontrol. Namun, ketika terjadi perubahan DNA pada gen ini menyebabkan gen pengatur pembelahan sel tidak berfungsi. Sehingga, sel-sel pada mata membelah diri tanpa terkendali. Salah satu tanda yang terdapat pada penderita retinoblastoma adalah ditemukannya warna putih di pupil ketika disinari.

Selain penyebab berdasarkan jenisnya, terdapat pula penyebab kanker mata secara umum. Laman halodoc.com menyebutkan bahwa para ilmuwan masih terus mempelajari perubahan DNA pada sel-sel mata yang bisa menyebabkan sel menjadi kanker. Namun, sampai saat ini belum bisa diketahui penyebab pastinya. Akan tetapi, terbukti bahwa kanker mata bisa terikat dengan karakteristik bawaan atau kondisi kesehatan tubuh, seperti :

  • Orang yang berkulit putih lebih sensitive terhadap sinar matahari yang dapat menyebabkan jenis kanker lainnya dan dapat menyebar ke bagian mata.
  • Memiliki tahi lalat yang bersifat kanker
  • Orang yang memiliki warna yang lebih terang, seperti biru, hijau, atau abu. Hal ini dikarenakan warna mata yang lebih terang memiliki lebih sedikit pigmen yang dapat melindungi mata dari sinar UV berbahaya
  • Kondisi turunan seperti perubahan DNA yang bisa menyebabkan kanker pada mata. 

Leave a reply

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>